Monday, June 30, 2008

Spanyol Sempurna !

Photo Afp/Oliver lang (Kompas.com)

Akhirnya Euro 2008 Swiss-Austria telah usai, banyak banget kejutan yang terjadi di euro. Beberapa tim yang tidak diunggulkan menjadi suatu kekuatan yang dasyat dan tim yang diunggulkan tidak lolos kualifikasi group.

Contoh tim biasa yang mampu menerobos tradisi tim besar di eropa. Kroasia, Rusia mampu menjelma menjadi tim yang menaklukan tim langganan juara, Jerman dan Belanda pun sempat menjadi korban dari tim kroasia dan Rusia.

Belanda yang pada kualifikasi group menjadi tim yang tak terkalahkan, menjadi bulan2an saat bertemu tim muda Rusia yang diarsiteki Guus Hiddink, seorang yang mampu membawa Korsel ke semifinal piala dunia 2002 lalu.

Saya sendiri sih sebelum euro bergulir memilih Jerman sebagai juara piala eropa tahun ini, jujur aja untuk Spanyol tidak ada bayangan akan menjadi juara, menjadi finalis pun tidak. Tapi melihat performa Tim matador di kualifikasi sangat menyakinkan, dan salah satu yang menjadi titik balik Spanyol adalah takala mampu mengalahkan Italia di perempatfinal dengan adu penalti, karena sebelumnya Spanyol belum pernah mengalahkan Italia di turnamen besar manapun. Setelah itu seakan jalan menuju tangga juara semakin mudah, Rusia yang diusung sebagai ujian terbesar bagi Spanyol walau sudah dikalahkan di kualifikasi group tetapi Rusia yang akan di hadapin Spanyol berbeda karena sudah diperkuat oleh Andrei Arshavin pemain dengan nomor punggung 10 yang menjadi salah satu bintang di turnamen kali ini, diluluh lantahkan dengan skor telak 3-0. Dan di partai puncak mengalahkan Jerman dengan skor 1-0 menjadi catatan sempurna Spanyol yang tak pernah tak terkalahkan di turnamen kali ini, dengan agregat memasukan 13 dan hanya kemasukan 3 menjadi bukti kekuatan tim Spanyol baik dalam bertahan dan menyerang.

Untuk Tim dengan determinasi tinggi, saya mengusung Turki setelah sempat tertinggal 2 kali dalam 2 pertandingan, tapi turki dapat membalikan keadaan dan menang. Dan ketika melawan Jerman di Semifinal dengan 5 pemain inti tidak dapat bermain dengan alasan cidera dan akumulasi kartu, secara permainan sebenarnya Turki sebenarnya lebih menguasi pertandingan, sebelum akhirnya harus mengakui kehebatan Jerman dengan skor 2-3.

Selamat Buat Spanyol, sekarang balik ke rutinitas biasa. Setelah sebulan ini bergadang mulu....
huam ngantuk banget sekarang, mana kerjaan numpuk lagi. Dah ah boss dateng nih :P

supported by - Connecting Blogger -

2 comments:

Anonymous said...

mengapa tidak:)

Anonymous said...

hi, new to the site, thanks.