Friday, June 27, 2008

Fengshui Rumah (Tangga)

Berbagi tips fengshui untuk rumah khususnya bagian tangga.

1.Tangga tidak boleh berada di tengah2 rumah, bila dianalogikan dengan 9 kotak dengan 3 baris dan 3 kolom maka tepat di tengah.

2.Untuk jumlah anak tangga, dihitung dari awal tangga dan diakhiri dengan hitungan antara 1,2, dan 3. Karena kalau berada pada akhiran 4 atau 5 akan bermakna sakit2an(4) dan bangkrut(5)

3.Tinggi per anak tangga kalau bisa yang terbaik diantara 16,5 cm – 18,5 cm

4.Lebar anak tangga yang bagus : 81 cm(makmur), 91cm(sukses), dan 112 cm(kaya raya)

5.Tangga dengan pola berputar tidak boleh menjadi tangga utama, karena nanti akan ada yang menumpang hidup di rumah anda.

6.Jumlah tangga di dalam suatu rumah tidak boleh ada 3 atau lebih, karena nanti akan ada PIL atau WIL (alias selingkuhan)

7.Tangga yang waktu naik kemudian ke kiri berarti pria(suami) berkuasa di rumah itu, sedangkan tangga naik ke kanan berarti wanita(istri) berkuasa.

8.Memasuki pintu utama, tidak boleh terlihat tangga utama, kalaupun ada sebaiknya digunakan penghalang.

9.Antara tangga utama dengan tangga service(pembantu) tidak boleh bertemu atau berhadapan.

10.Di akhir tangga boleh juga digunakan lukisan(seperti ikan, kuda) dengan komposisi genap hitam(solid-biasa 2), ganjil(warna – biasa 7) dan yang penting ketika dijumlahkan totalnya ganjil.

11.Apabila tangga berbentuk U, yang naek harus berada di sebelah kanan, agar perputaran uang masuk ke dalam.

12.Tangga juga tidak boleh berhadapan langsung dengan pintu kamar.


Setelah itu sih teserah anda, mau percaya boleh mau tidak boleh. Di kumpulin dari berbagai narasumber yang semuanya pakar fengshui.

Supported by - Connecting Blogger -

40 comments:

rud1 said...

yang dimaksud pada point enam itu apa ya? - tq

richard said...

ups sori, udah di edit..

maksudnya jumlah tangga dalam satu rumah jangan sampai ada 3 buah, maksimal 2 saja...

edward said...

thanks bro..

virgo said...

saya mau tanya,pintu rumah depan dengan pintu rumah belakang kalau berhadapan boleh tidak y???tq...

richard said...

@virgo...

pintu utama dengan pintu belakang tidak boleh langsung berhadapan, kalau pun berhadapan sebaiknya diberi penghalang agar tidak langsung. Pintu utama dan belakang berhadapan langsung artinya uang masuk langsung keluar (tidak bisa simpan uang). semoga membantu...

Anonymous said...

Tolong tanya dong..
kalo untuk posisi letak/arah naek tangga apa ada aturannya
misal melintang ato sejajar dengan jalan depan tumah?
tq

richard said...

Ga ada aturan dengan jalan di luar rumah, yang mungkin berhubungan dengan pintu utama

snow said...

hii,numpang tanya maksud item2 apa ya?
Untuk jumlah anak tangga, dihitung dari awal tangga dan diakhiri dengan hitungan antara 1,2, dan 3. Karena kalau berada pada akhiran 4 atau 5 akan bermakna sakit2an(4) dan bangkrut(5)
Cara perhitungan dari laantai 1 ke dua gimana?

richard said...

@snow: itungannya saat injakan pertama diitung satu

snow said...

jadi misalnya mau buat tangga sampai 8 tangga trus berhenti tangga agak besar trus belok ke kanan naik lagi tangga 7 tingkat.Jadi gimana dihitung? jadi tangga dibagi 2 bagian gitu.
Gimana hitung naik tangga apa pas setengah tangga berhenti buat agak besar dihitung juga?

richard said...

@snow: yah ga papa. dilanjutkan saja. tangga agak besarnya tetep diitung satu. jadi nda masalah toh

Anonymous said...

tanya, kalo anak tangga nya 22 boleh? apakah kalo antara ruang tamu ke dapur ada naek 1 tingkat itu diitung sebagai bagian anak tangga juga? apakah pintu depan berhadapan dengan jendela belakang rumah boleh?

snow said...

Maksud point 8.Memasuki pintu utama, tidak boleh terlihat tangga utama, kalaupun ada sebaiknya digunakan penghalang.
Maksudnya apa?apa tidak boleh terlihat tangga mau naik atau beton tangga bagian atas pas naik?jika tangga bentuk L

richard said...

@anom: boleh. tetap diitung sebagai tangga. jendela dan pintu berhadapan ga masalah.

@snow:wah si snow langganan nih ya :)
maksudnya begitu kita masuk rumah melalui pintu utama(bukan pagar), kalo bisa tangga tidak terlihat.apapun bagian dari tangga tsb. makanya kalo terlihat diberi sekat baik gysum, tirai dsb.

snow said...

Up..s ngak boleh jadi langganan yach?maklum mau renov jadi tanya2 ahli fengshui dulu.
Sorry salah info misal pas masuk pintu utama di bagian samping kiri atas terlihat sisa tangga naik jadi terlihat kemiringan jika arah keatas nampak 2 tangga beton yang naik ada masalah?

Anonymous said...

kalo tangga turun ada diatas kusen pintu masuk dari arah garasi (bukan pintu utama), bagaimana menurut fengshui, apakah boleh. rumah sy arah hadap ke utara.letak tangga di sblh barat. thanks.

richard said...

@anom: ga masalah

yono said...

Mau tanya dong ruang usaha saya kan depan nya lebih gede dari belakang jd cara ngatur nya gimana ya ?? dan pintu depan berhadapan kearah ke timur

Anonymous said...

saya ingin bertanya...tangga turun saya di belakang..arahnya sejajar dengan pintu kamar.buruk kah?bagaimana cara saya menyiasatinya?

richard said...

@yono :pintu depan lebih besar, memang seharusnya begitu

@anom: sejajar mah ga terlalu masalah.

Anonymous said...

Mau tanya nih bgm fengshui rumah yg 2 petak trs dindingnya di jebol buat di satukan jd 1 rumah, tembus gitu mksdx..makasih

richard said...

waduh saya gak bisa komen kalo di dobol, wong gak ada penjelasan apa2 lagi.

Anonymous said...

Kalo tangga berbelok khan ada bordesnya.. Itu dihitung anak tangga apa tidak? Tq

richard said...

border apaan yah maksudnya?

Anonymous said...

saya mau tanya tentang tangga rumah saya.. didalam rumah ada 2 tangga... ada juga tangga di luar rumah dari lantai 2 menuju keatas tangki air dan tenaga solar matahari.. juga ada tangga untuk pembantu naik kelantai 2.. apakah itu di hitung sebagai 4 tangga...
kalo iya.. bagaimana mengatasinya...
terima kasih
Henky

richard said...

@hengky: tidak, terhitung hanya 3 tangga saja

Anonymous said...

dear pak richard, di rumah sy ada 1 tangga utama (diruang keluarga lt 1 ke 2), 1 tangga service utk prt di belakang (lt 1 ke 2), dan 1 tangga besi putar dr lt 2 ke 3 utk ke jemuran. apkh itu termasuk 2 tangga atau 3 ya pak? ditunggu penjelasannya & thks byk

richard said...

@anom: itu diitung 2,yg dr lantai 2 ke 3 diitung satu kesatuan(service)

Anonymous said...

Selamat malam Pak Richard...
Kalau boleh tahu domisili dimana?
saya mau konsultasi soalnya.
Email saya keteli@yahoo.com
Thank before

denny k said...

Mau tanya donk, sya lagi renov tangga lsg hadap pintu toilet...tapi dirubah atau sebelum turun 3 anak pijakan pertama dibengkokin ke tembok bagus gak

richard said...

@anom: saya blm buka praktek, hanya baru sebatas hobi saja. jadi lebih baik ke yg ahlinya saja.

@deny: jelas lebih baik ke tembok.

Anonymous said...

Pak, mau tanya dong, saya ada rencana mau bangun 3lt dengan lantai 1 untuk ruang service (basement) sehingga posisi pintu utama ada di lt 2 (jd dari lt 1ada tangga menuju ke pintu utama dari sebelah carport), saya jg akan ada tangga service. Apakah ini bertentangan dan point no 6? Krn jika dilihat dari lt 1 (basement) saja sudah ada 3 tangga, 1 tangga dari carport ke pintu utama, tangga dari basement ke lt utama, tangga service ke lt 1? Belum lagi dari garasi ke ruang basement ada naik beberapa step ? Selain itu saya jg ada dpt info katanya arah naik tangga tdk blh menghadap jalan? Terima kasih. Lisa

richard said...

@lisa:
kl tangga yg kecil2 spt itu gak pengaruh, kalo yg naek beberapa step tidak terhitung tangga.

kalo menghadap jalan sih tidak yah, yg jelas tangga tidak boleh berhadapan langsung dengan pintu utama

rafa said...

mau nanya pak, karena lahan terbatas maka kami membuat tangga putar sebagai tangga utama, bagaimana cara mengatasinya ya pak ? terima kasih..

richard said...

@rafa: kalo tidak bisa yah gpp, tp usahakan tangga tidak terlihat dari pintu utama yah

Anonymous said...

mau tanya dong, saya baru beli rumah di belakang rumah saya, dan sekarang mau saya satukan masalahnya posisi tangga saya yang tadinya ada di belakang rumah sekarang posisinya jadi ada di bagian tengah2 rumah dengan analogi 9 kotak, bagaimana menyiasatinya tanpa harus dibaongkar tangganya ya?thanks

Lorentius Wirjadi said...

mau tanya dong yang dimaksud posisi tangga di tengah2 rumah itu seperti apa ya, dengan analogi 9 kotak 3 baris dan 3 kolom maksudnya di tengah2 itu apakah posisinya berada di kotak baris ke dua dan kolom kedua atau seperti apa ya?soalnya posisi tangga saya mulainya dari baris kedua kolom ke satu, apakah itu berarti posisinya di tengah juga?kalau iya ada cara untuk menyiasatinya gak tanpa harus membongkarnya?thanks

Yudi said...

maaf mau tanya,
ketika masuk dari pagar, sebelum pintu utama disebelah kiri ada tangga menuju lantai 2, bolehkah?
kalo tidak boleh cara menyiasatinya bagaimana?

richard said...

@Lorentius: ia brti posisi tangga anda berada di tengah2, untuk disiasati selain dibongkar saya tidak tau, mungkin ada bisa konsultasi kepada ahli fengshui dekat anda.

@yudi: kalo itu bukan tangga utama(hanya tangga service/pembantu) tidak masalah

Anna said...

Pak saya mau tanya, rencana saya mau bikin dapur dan diatasnya ruang cuci jemur. Dimana sebaiknya saya meletakkan tangga? Apakah di dalam dapur atau diluar dapur yg kebetulan ada sedikit tanah kosong. Atau di dlm rumah? Trus bagaimana menghitung jumlah anak tangga yg tepat. Mohon sarannya trima kasih.