Tuesday, March 23, 2010

Pemimpin

Ada orang yang terlahir menjadi pemimpin, ada juga yang dicipta untuk menjadi pemimpin, dan ada juga yang menjadi pemimpin karena suatu keadaan(keterpaksaan).

Manakah menurut anda lebih baik?
Mungkin yang terlahir bisa jadi lebih baik karena mereka sudah memiliki keunggulan karena secara alamiah memiliki kecenderungan untuk memimpin. Atau bisa juga yang dicipta menjadi pemimpin karena dengan sedemikian rupa di didik dan dilatih untuk menjadi seorang pemimpin, yang pasti sedikit diantara kita akan memilih yang karena keterpaksaan adalah yang terbaik di antara mereka.

Menurut saya, semua dari mereka memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin yang baik. Lingkungan juga menjadi faktor yang penting, semisal seseorang yang terlahir untuk menjadi pemimpin tapi lahir dan tinggal dalam suatu lingkungan yang mengkerdilkan kepemimpinan dia, tentu dia tidak akan mampu berkembang sesuai talenta yang dimilikinya. Lingkungan dan keinginan dari orang itu untuk terus belajar dan mengembangkan apa yang dimilikinya akan menjadikannya seseorang dengan kepribadian dan kemampuan memimpin yang baik.

Seorang pemimpin yang baik dapat membuat orang biasa untuk melakukan hal-hal yang luar biasa. Maka dari itu salah satu karakteristik pemimpin yang baik adalah mampu menjadi pelayan sehingga mengeluarkan segala potensi yang ada dari yang dipimpinnya.

Wasalam - Connecting Blogger -

No comments: