Saturday, March 13, 2010

Indonesia kalah bid piala dunia 2022?


Tak disangka, tidak diduga kok bisa terpikir oleh PSSI untuk ikutan dalam penentuan tuan rumah piala dunia 2022, apakah ini tindakan frustasi dalam membawa Indonesia untuk ikut serta ke turnamen paling akbar dan bergengsi di seluruh dunia? semoga saja tidak.

Dengan biaya untuk promosi saja yang mencapai 400 Milliar, sungguh tidak masuk akal apa yang coba dilakukan oleh PSSI. Jujur aja saya cinta dengan sepakbola indonesia, walau terkadang ketika kalah ada rasa gemas dan geram, tapi sejak piala asia 2002 di kuwait, saya jarang dan bahkan menunggu apabila ada tim nasional kita bertanding. Tapi apa boleh dikata saya rasa prestasi tim kita masih jauh dari apa yang diharapkan.
Untuk level SEA games aja untuk masuk ke final aja sulit, meraih emas saja baru 1 kali, dan bahkan terakhir malah kalah ama tim gurem laos !! negara yang notabene selalu jadi lumbung gol dari negara kita. Apakah tim kita yang tidak maju2 prestasinya, apakah negara yang laen pesat perkembangannya? jangankan untuk maju bahkan ada kesan mundur dari sekedar cita2 juara SEA games.

400 miliar tentu bukan uang yang kecil, tentu saya tidak akan membandingkan dengan membeli dengan kerupuk. Untuk menjalankan liga indonesia super (ga pake mie ya :P) kurang lebih 40-50 Miliar, kalo dikalikan bisa untuk 8-9 tahun kompetisi. apalagi kalau bisa digencarkan pembinaan berjenjang yang lebih rapi dan terorganisir. Ada kesan tim junior yang masih berumur 12-15 masih bisa berprestasi tapi ketika masuk ke timnas senior sudah tidak berjejak lagi prestasi itu bagai hilang dihembus angin.

Buat saya sih berita segar kegagalan PSSI untuk ikutan bidding di piala dunia, daripada ikut hanya sekadar jadi lumbung gol, dan memalukan negeri sendiri. Lebih baik mawas diri, dan tau akan kekuatan serta kelemahan diri sendiri. Sangatlah baik cita2nya untuk ikut di piala dunia apalabila sudah sanggup untuk bersaing. Tapi untuk sekarang sekadar menjadi juara di SEA games saja saya rasa sudah dapat menjadi pelipur lara di tengah kekisruhan dan tiada visinya PSSI dalam membawa indonesia maju ke tingkat yang lebih tinggi....

Dulu timnas kita terkenal sebagai macan asia, semoga macan itu belum terlalu renta untuk bangkit dan kembali mengelegarkan aum-annya...

Wasalam - Connecting blogger -

No comments: