Monday, May 12, 2008

12 Mei 2008 : 10 Tahun Reformasi di negeri seribu wacana

Tidak terasa hari ini 12 mei 2008 reformasi dah berjalan 10 tahun...
apa sih yang sudah berubah di jaman reformasi ini dibandingkan sebelumnya?
Apakah semua sudah sesuai apa yang dicita2kan oleh orang2 yang mendukung reformasi ini? Baik dari segi politik, ekonomi, kebudayaan, sosial, hukum, penegakan hak asasi manusia.

Dari segi politik, kok malah tambah ngawur ya...sistem sih presidensial tp nyatanya lebih mirip palementer, bikin kabinet aja gado2 cuman untuk mengakomodir kepentingan partai2 yang mendukung. Presiden nga punya hak veto UU, seharusnya kalau mau tiru yah jangan setengah2 donk...kaya saya dulu waktu sekolah kalo ujian matematika nyontek setengah2 yang hasilnya ngaco...mau nyontek2 mau enggak2.
Namanya sih otonomi daerah, tp semua masih nunggu pusat untuk buat suatu keputusan, di kebanyakan daerah masih keliatan pasif banget. Mending pake sistem federal aja, biar daerah bener2 terpacu untuk membuat maju daerahnya masing2. Isu federal memang sensitif, karena pernah digunakan oleh belanda untuk memecah belah, dan rakyat sekarang dah pinter2 kok tapi terlalu permisif aja dengan kesalahan2 pemimpinnya.

Dari segi ekonomi, malah sekarang tambah susah oi, dibandingin ama jaman orde baru, secara fakta kan memang belum banyak menghasilkan sekarang ini. Tingkat pengganguran dan kemiskinan yang meningkat.

Di bidang kebudayaan, sekarang makin banjir aja budaya2 nga jelas baik dari asing maupun lokal, yang namanya identitas diri sudah makin nga jelas. Apalagi liat pertelevisian sekarang, wah sedih banget kalo liat cerita sinetron2 dan acara2 yang kurang menurut saya kurang mendidik banget...yang notebene ditonton oleh anak2 yang pada akhirnya memimpin bangsa ini.

Di bidang sosial, orang2 nga lagi peduli dengan sesamanya, dapat dimaklumin sih jangankan peduli ama orang, ngurus dirinya sendiri aja masih kesulitan. Ada juga yang udah bikin masalah lumpur, malah lepas tanggung jawab....tp pemiliknya orang kaya di Indonesia. Nga miris apa ya liat orang kehilangan rumah, mata pencahariannya, bahkan kehilangan akal sehatnya.

Di bidang hukum, jujur ada perbaikan terutama setelah dibentuknya KPK walau hasilnya masih belum memuaskan, apalagi yang ditangkap oleh KPK dengan pengembalian uang korupsi kepada negara masih besar pengeluaran untuk membiayai KPK itu sendiri. Yah memang butuh waktu tapi ada kesan sih yang ditangkap hanya yang kecil2 aja sih. Tebang pilih kalo kata media2.
Tapi di sistem pengadilan masih belum tersentuh sama sekali mafia pengadilan.

Penegakan HAM, ada kasus munir yang masih belum ada kejelasaan akhirnya. Entah karena melibatkan oknum pejabat atau apa sih kurang ngerti deh...maklum pikiran wong cilik susah ngertiin pikirin inteligen2.

Satu sih yang mungkin ada sejak reformasi yaitu kebebasan berbicara...walau nga ngerti deh bicara itu di dengerin sapa sih....apa cuman boleh berkoar2 biar cape ntar diem sendiri gitu maksudnya.

Sebenernya perlu nga sih reformasi kalo dilihat dari hasil yang didapat selama 10 tahun ini ? Memang perubahaan perlu waktu, masalahnya apakah rakyat masih mempunyai daya tahan lebih lama lagi untuk melihat hasil positif dari reformasi ini? Sulit berharap banyak di negeri sejuta wacana ini, karena wacana lebih penting daripada tindakan konkret membangun bangsa.

Wasalam, Selamat berjuang semuanya. - Make it Simple -

No comments: