Tuesday, December 4, 2007

Minyak Dunia Tinggi? Kreatif donk...

Semenjak kenaikan minyak dunia yang cukup tinggi ( walau sekarang waktu gw nulis uda turun lg dikit sih :P) membuat kepanikan pasar dan naiknya harga2 makanan, BBM pun naik walau cuman pertamax dan plus tapi nanti Premium akan dibatasi ( nga tau deh efeknya spt apa nanti ).

Memang benar kata pepatah cina kuno yang mengatakan dimana ada krisis disana juga terdapat kesempatan yang diwakili dalam aksara cina. Itu pula yang dilakukan oleh kepolisian thailand untuk mengakali kenaikan minyak dunia. Mereka sudah dapat memproses sisa minyak goreng yang sudah tidak dipakai lagi oleh restoran2 dan rumah tangga untuk diolah kembali menjadi BBM yang digunakan untuk kendaraan dinas kepolisian. Dengan ide simple untuk memperoleh minyak sisa dari masyarakat, mereka menggunakan metode keamanan, yakni apabila masyarakat mau dilayani oleh patroli yang lebih sering maka masyarakat harus bersedia memberikan sisa minyak mereka kepada kepolisian. Dimana biaya pengelohannya hingga dapat digunakan hanya 30% dari harga bensin disana.

Salut buat kepolisian dan pemerintah thailand yang cekatan dan cermat dalam memilih teknologi dan mencari2 kesempatan di setiap keadaan. Benar2 Teknologi yang mengerti anda ( jargon nokia, pinjem ya jg dituntut ya hehehe ). Kapan Indonesia mau ngikutin langkah2 kreatif dan cermat negara lain?

No comments: