Saturday, December 15, 2007

Nama Baik

Alkisah pada suatu ketika, Angin, air dan nama baik sedang mengadakan perjalanan bersama-sama. Angin biasa datang terburu-buru seperti orang sedang marah. Bisa melompat di sini dan menendang debu di sana. Air berjalan dalam bentuk seorang putri, ia selalu membawa kendi ditangannya, meneteskan beberapa air di atas tanah sekitarnya. Sedangkan Nama baik berwujud seorang pemuda tampan dengan sikap yang baik tapi sedikit pemalu.

Mereka saling menyukai, meskipun mereka sangat berbeda satu sama lain. ketika hendak berpisah. Mereka bertanya, "Kapan kita bisa bertemu untuk mengadakan perjalanan yang lain lagi?"

Angin menjawab, "Engkau akan menemukan aku di puncak gunung2 atau melompat lompat di sekitar kakimu. Meniupkan debu kemana kamu pergi."
Air berkata, "Aku juga akan selalu ada di sekitarmu, kamu pergi ke laut atau sungai untuk menemuiku."

Nama baik hanya diam dan tidak berkata apapun, Angin dan air pun terheran dan bertanya,"Nama baik, kapan dan dimana kita akan bertemu kembali?" Nama baik menjawab,"Kamu tidak akan bertemu aku lagi di manapun. Siapapun yang telah kehilangan aku sekali saja, tidak akan pernah bisa mendapatkan aku lagi."

Ada hal bisa datang dan pergi, tapi ada hal yang pergi dan tidak akan pernah kembali seperti bila kita kehilangan nama baik kita, sangatlah sulit bahkan mustahil untuk memperbaikinya kembali. Jadi jagalah nama baik kita dengan perbuatan yang baik, keramah tamahan, dan bertindak dalam kasih, niscaya nama baik akan selalu bersama-sama kita.

1 comment:

meong said...

yup.. setuju 100 persen