Sunday, September 6, 2009

Mau Turun Berat Badan?

Anda kelebihan berat badan ? Salah satu ukuran yang digunakan adalah BMI (body mass index)
yaitu dengan berat badan dibagi dengan (tinggi badan kuadrat), dan hasilnya bisa dilihat sbb:

Kurang = <18.5
normal = 18.5-24.9
overweight =25-29.9
obesitas =" BMI"> 30

Selain berbagai menyakit yang mengintai dengan berat badan anda yang berlebih, tentu dengan berat badan yang baik juga akan menunjang penampilan anda, dan siapa yang tidak mau memiliki bentuk tubuh yang baik, atletis tentunya tidak dapat instan seperti yang ditawarkan di berbagai pusat "pengkurusan badan" yang memajang gambar2 artis berbadan aduhai itu(apalagi ada sotosop lagi/edit gambar), segala sesuatu harus diusahkan dengan cara yang sehat.
(Ayam panggang dan Brokoli rebus)
Pola Makan
Nutrisi memainkan peranan penting dalam penurunan lemak, saya agak malas menggunakan penurunan berat badan, karena ketika anda turun berat badan selain lemak, otot pun ikut hilang bersamaan dengan berat yang turun itu, jadi lebih baik penurunan kadar lemak sehingga otot anda tetap anda jadi anda bisa terlihat lebih ramping tapi tidak gampang roboh ditiup angin heheheh. Bagi porsi makan Anda menjadi 5–6 porsi kecil setiap hari untuk mendongkrak metabolisme tubuh. Hentikan makan makanan yang menghambat penurunan kadar lemak seperti nasi putih, pasta, roti putih, permen, es krim, hidangan penutup, fast food, minyak terhidrogenasi, gula dan sirup jagung berfruktosa tinggi.

Konsumsilah makanan yang membantu mencapai tujuan program Anda seperti: oatmeal, olive oil, roti gandum utuh (whole wheat bread), buah-buahan, sayur mayur, kacang-kacangan, putih telur, selai kacang natural, dada ayam, ikan, protein, teh hijau dan air.
Jadilah realistis, Anda tidak mungkin memperoleh tubuh ideal dalam 1–2 hari. Lakukan pembenahan pola makan secara bertahap dan teratur. Dalam program untuk mendapatkan yang Anda inginkan adalah makanan sehat yang cukup dengan kebutuhan kalori anda per hari. bisa dilihat disini untuk perhitungan kalori per hari (sebaiknya di check kebutuhan kalori anda)


Contoh pola makan :
Sarapan
• 1 Omelet telur atau telur rebus
• 1 potong roti gandum utuh/ ½ cup oatmeal

Snack Pagi
• 1 scoop Prostar Whey (optional)
• 1 buah apel/ jeruk/ pir

Makan Siang
• 1 ons dada ayam/ ikan/ daging sapi utuh
• 1 cup nasi beras merah (brown rice)
• 1 cup sayuran

Snack Siang
• 1 potong roti gandum utuh/ ½ cup oatmeal
• 1 potong ikan/ daging panggang

Sesudah Latihan
• 1 scoop Prostar Whey (optional)

Makan Malam
• 1 ons dada ayam/ ikan/ daging sapi utuh
• 1 cup sayuran

* Whey ada susu berprotein tinggi dan mudah diserap oleh tunggu, penggunaan whey dapat membantu pertumbuhan otot, tapi whey hanya bersifat supplement jadi bisa digantikan dengan makanan sehat seperti biasa

Kurangi makanan yang digoreng, gula, dan makanan yang mengandung gula tinggi seperti nasi putih, kentang, buah2an tertentu (mangga, pisang, dll lebih dianjurkan apel), coklat, permen, es krim, dll. Tapi bukan berarti harus terus menerus pola makan seperti ini, apabila anda ingin icip2 makanan tertentu seperti burger, atau ayam goreng fried chicken, boleh2 saja, sediakanlah cheating meal 1x saja dalam satu minggu, ingat cheat meal bukan cheat day !

Tentunya akan lebih baik kalau diimbangi dengan olahraga, selain cardio anda juga bisa melakukan angkat beban, karena dengan bertambah otot di tubuh anda, tubuh anda akan membakar kalori bahkan saat anda istirahat, enak bukan? Beda dengan cardio yang akan membakar kalori bila anda melakukannya. Ibarat kata otot itu seperti CC pada mobil, semakin besar makin boros mengkonsumsian bahan bakar (dalam hal ini kalori).

Bila anda kesulitan untuk menyediakan menu seperti diatas, hei no pain no gain, jadi sediakan waktu untuk membakar ayam sebentar aja kok, dan lama kelamaan anda bisa mengetahui perkiraan kalori yang anda makan per saji dan apakah sudah mencukupi kebutuhan kalori anda per hari (maka dari itu penting untuk mengetahui kebutuhan kalori anda sesuai dengan umur, jenis kelamin, dan perkerjaan yang anda lakukan)

Selamat Berolahraga !! Wasalam - Connecting Blogger -

No comments: