Tuesday, August 21, 2007

Indonesia Airport 2007

Sebagai pekerja, terkadang membawa saya pergi menjelajah ke beberapa wilayah di Indonesia. Surabaya, semarang, bali, manado, dan jayapura adalah beberapa wilayah yang pernah saya kunjungi. Dan pada kesempatan lain saya juga pernah pergi ke luar negri seperti singapura, korea, dan jepang.

Pada saat itu saya tersentak melihat kebersihan, kenyamanan, dan kemewahan dari bandara udara di negara2 tsb. Tidak sampai disitu saja, dimana ketika kita keluar menuju kotanya terlihat semua teratur dan disiplin walaupun tidak ada petugas yang menjaganya seperti mereka melakukannya dengan kesadaran sendiri.

Lalu saya terpikir mungkin memang negara2 seperti singapura, korea, jepang adalah negara yang sangat maju secara ekonomi, mungkin tidak pantas untuk membandingkannya dengan Bandar Udara Cengkareng. Kemudian saya mulai melakukan riset seperti apa bandara udara international di ASEAN ( Asia Tenggara ) dimana secara ekonomi masih setingkat dengan Indonesia.

Betapa mengejutkannya ketika saya melihat bandar udara Kuala Lumpur yang teryata tidak hanya bagus, tetapi juga mendapatkan penghargaan sebagai The World Best Airport tahun 2005 dan 2006. Kemudian saya melihat bandar udara Bangkok dan Filipina yang juga tidak kalah bagusnya. Semakin penasaran saya ingin melihat bandara di kamboja dan vietnam. Memang tidak sebaik yang lain tapi bandara mereka mempunyai kesamaan yaitu kenyamanan dan kebersihan yang patut saya acungkan jempol.



Ketika saya kembali ke Bandara Soekarno Hatta di jakarta, sangatlah jauh berbeda, dimana jika anda perhatikan banyak sekali plafon yang sudah terbuka, cat kusam, dan kurang bekerjanya pendingin udaranya. Belum lagi ketika teman saya pergi ke kamar kecil, penjaga wc-nya bisa meminta kepada pengunjung dengan berkata dolarnya, kalau ngak ada rupiah juga nga papa. Teryata tidak sampai disitu saja ketika kita keluar dari bandara untuk mencari Taksi, muncul lagi ketidaknyamanan yaitu dimana semua pengemudi Taksi seperti calo yang menawarkan jasa taksi tanpa argo.


Mungkin sudah saatnya Indonesia membangun Bandara yang bagus, mungkin tidak di jakarta, mau di sumatera, kalimantan atau papua sekalipun sudah saatnya bangga menjadi bangsa indonesia. Tapi harus didukung dengan sikap disiplin para penggunanya, karena orang indonesia
sangat tidak disiplin untuk menjaga apa yang seharusnya menjadi kebanggaannya.

Merdeka lebih indah dalam wujud tindakan nyata. Sukses Selalu Indonesiaku.

No comments: