Tuesday, January 4, 2011

Pandai berbahasa asing

Tergeletik saya membaca sebuah berita di sebuah media online, okezone dan juga detik kurang lebih dari inti berita tersebut adalah presiden sby menggunakan istilah bahasa inggris dalam pidatonya. Masalah? Gak juga sih kalo digunakan sekali2...tetapi ketika dihitung lebih dari 54x penggunaan, yang kalo dibaca lagi sangat lucu dan aneh jadinya.

Berikut cuplikan ungkapan-ungkapan Presiden dalam sambutannya di BEI siang ini
di 30 menit pertama:

1. Dalam melakukan evaluasi kita harus merujuk pada parameter dan ukuran yang jelas. Correct measurement.

2. ...jangan mengukur sesuatu yang tidak menjadi rencana yang dijalankan pemerintah pada 2010 kemarin, termasuk means yang kita gunakan.

3. ...bukan hanya ditinjau dari implementasi dari kinerja pemerintah. Tetapi, secara umum, in general, kita harus juga melihat...

4. Pemulihan ekonomi untuk menjaga kesejahteraan rakyat, atau dengan bahasa bebas saya katakan minimizing the impact of the global economic crisis.

5. Kita tetapkan sejumlah kebijakan, policies, dan tindakan nyata, actions.

6. ...dan segala upaya yang intinya adalah economic recovery dan maintaining
people’s welfare.

7. ...mari kita lihat satu persatu, pertumbuhan ekonomi growth...

8. Insya Allah tahun 2010 ini kita bisa mencapai enam persen, close to six percent.

9. ...tujuan untuk sebuah pemulihan ekonomi, economic recovery itu dicapai.

10.Inilah yang mendongkrak perekonomian kita sekarang ini, dan insya Allah growth itu akan menjadi lebih sustain.

11. Unemployment menurun. Banyak negara yang meledak unemployment-nya.

12. Kalau kita bicara pertumbuhan harus disertai dengan pemerataan, growth with equity.

13. ...didukung tata kelola good governance.

14. Sekarang seperti apa structure, magnitude dan sasaran APBN 2011.

15. Supaya saudara tau makna dan arti penting APBN sebagai means sebagai tools untuk mencapai tujuan dan sasaran.

16. APBN dalam arti government expenditure, government spending...

17. ...menuju sebuah anggaran yang berimbang, balance badget.

18. ...yang menyakitkan, yang painful.

19. ...ternyata hanya mencapai 0,62 persen. Why? Bukan karena kita tidak membelanjakan, tetapi revenue itu ternyata lebih tinggi sepanjang 2010.

20. Tapi, kami pemerintah mengatakan, it is achievable, bisa dicapai.

21. ...lebih baik yang realistic, achievable, attainable.

22. Apa faktor yang bisa menggagalkan pencapaian sasaran itu, atau dari perspektif yang lain what kind of assumptions yang bisa kita tetapkan...

23. ...semua proyeksi, semua estimate, di semua negara bagus, global economy will grow.

24. Tidak ada yang meramalkan, semuanya everything is nice.

Dan lucunya dibela setengah mati oleh salah satu anggota partai, link diatas. Emang sudah lupa yah dibenak kita semua ketika ada obama datang ke indonesia, dan ada wartawati bertanya kepada sby, dan dia tidak paham, dan akhirnya sempat berbicara dengan jubir, dan setelah itu masih tidak paham dan meminta sang wartawati mengulang pertanyaannya, dan masih juga tetap tidak paham, sampai akhirnya menteri luar negeri datang untuk menjelaskan apa yang sebenarnya ditanyakan oleh wartawati tersebut.

Tetapi yang lebih menyedihkan lagi bila diingat bahwa beliau juga menggunakan waktu pidato resmi kenegaraan di paripurna, dengan bangga beliau menggunakan istilah asing dalam pidatonya. Khusus yang ini saya harus mengkritik dengan sedikit pedas, karena beliau berpidato untuk rakyat indonesia, karena beliau adalah presiden indonesia, sudah seharusnya berbangga hati menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar untuk suatu pidato kenegaraan resmi, laen halnya kalo pidato di negara asing. Kalau sebagai pemimpin tertingginya aja sudah tidak menghargai bahasa indonesia sapa lagi yang akan menghargainya. Lebih2 terlontar istilah mencintai produk bangsa sendiri, pegimana mau diikuti toh om, wong sampean aja tidak mau dengan bangga menggunakan bahasa indonesia....

Mungkin kecerdasan diukur dari kemahiran bercas cis cus dalam bahasa asing, yah mungkin saja benar, tapi nasionalisme itu dimulai dari diri kita sendiri dan dimulai dengan hal yang mudah yakni menggunakan dan meletakkan bahasa indonesia yang telah disepakati sebagai bahasa pemersatu bangsa.

Wasalam - Connecting Blogger -

1 comment:

Anonymous said...

waha. lucu2