Monday, October 6, 2008

Antara Changi Airport dan Soekarno Hatta

Kaya lagu jadul Di antara changi dan soekarno hatta terbentang suasana yang berbeda, bumi dan langit sepertinya. Seperti Postingan saya sebelumnya yang menceritakan suasana airport di berbagai kawasan asia, kali ini mengelitik saya untuk menuliskan antara changi(singapura) dan Soekarno hatta.

Ide ini bermula dari saya melihat di berbagai forum, bagaimana bandara di makassar sultan hasanudin disulap menjadi bandara yang sangat baik dan nyaman dari foto2. Harusnya sih emang seperti itu bandara yang berskala international. Dan memang dengan "otonomi" daerah seharusnya, daerah berlomba2 memajukan daerahnya, semoga aja :P

Setelah disimak2, ada kejanggalan yang sangat menggangu, baru tau teryata changi diresmikan tahun 1981 dan Soekarno hatta taun 1985, jadi dalil yang memafhumkan kalau bandara soekarno hatta sudah lama tidak bisa dibenarkan. Nyatanya changi yang jauh lebih lama saja kondisinya jauh lebih baik, terawat dan masih saja mendapatkan banyak penghargaan dari berbagai negara.

Kalau dari pengamatan orang awam seperti saya, sepertinya orang indonesia cepat sekali terlena dengan puji2an orang lain, karena soekarno hatta sempat dipuji sebagai salah satu bandara yang cukup baik, tp nyatanya sekarang hampir tidak ada orang yang memujinya.

Harus diakui kita kurang menghargai apa yang kita miliki, banyak sekali fasilitas umum seperti telp umum yang lebih banyak yg rusak daripada yang bisa digunakan. Kereta api yang dirusak, bahkan relnya pun dicolong seakan nga ada rasa peduli dengan keselamatan orang lain.

Mungkin sudah saatnya kita merawat semua fasilitas publik yang kita miliki. Karena kita2 juga toh yang akan menggunakannya. Moga2 hal seperti ini tidak lagi terjadi di bandara sultan hasanudin.

No comments: