Monday, November 28, 2011

Review Uraku DVR NV-812

Seperti biasa pameran adalah waktu yg menyenangkan untuk melihat2 produk baru dan menarik juga sekaligus menguras dompet kalo tidak sanggup jaga mata :(

Dan pameran kali ini saya tertarik dengan media player uraku, salah satu fitur yang sangat membuat saya tertarik adalah fitur record acara tv. Untuk tipe ini hanya bisa untuk analog saja, ada tipe yg lebih tinggi dengan harga tentu lebih tinggi bisa untuk merekam tv berlangganan (digital) sayang gak ada yang bisa untuk analog dan digital, dan berhubung dirumah masih jadul dan melihat tv lokal digital sepertinya masih sangat lama, maka saya memutuskan untuk membeli tipe ini saja. Lumayan daripada harus melek mata jam2 kalong cuman buat nonton tim bola kesayangan bermain, dapet mata panda, badan gak seger, kerja gak maksimal, bisa dipecat ama bos nanti :P

Pertama ditawarkan paket dengan HDD 500 Gb dan 1 terra, ada keuntungan kalo di pameran banyak brosur dan harga ketika paketnya hddnya kurang menarik, tawar terus sampe dikasih harga lumayan diskon deh.

Saatnya testing!!

Semua perlengkapan cukup lengkap, termasuk kabel2 av, hanya sayangnya untuk koneksi harus via usb - printer dan itu tidak termasuk dalam paketan, jadi sebaiknya siapkan dulu kabel itu kalo gak mau pusing 7 keliling.



Untuk fitur record, baik timer recording atau langsung, menu cukup mudah dimengerti dan mudah digunakan, dan bisa juga untuk rekam dengan kualitas lebih rendah agar daya rekam lebih lama, semakin bagus semakin boros HDD. Dan pastikan jam sudah diatur dengan benar, dan kalo udah gak bener harus ganti baterai cmos di dalam player sama seperti baterai CPU.

Dan untuk video format hanya untuk avi, mpeg saja. Ini yang luput dari perhatian saya, karena saya pikir sudah support untuk mkv, flv, dll. Tanya punya tanya teryata yang support format itu yang versi digitalnya. Berhubung fitur rekam yang saya perlukan, dan belum digital terpaksa fitur video format saya harus relakan untuk "ala kadarnya", padahal kalo bisa format2 tersebut bisa jadi nilai jual sendiri buat uraku.

Setelah pakai beberapa bulan, ada yang hal yang aneh dan belum bisa saya temukan jawabannya. Terkadang Player ini bisa nyala dan mati sendiri, padahal saya tidak ada timer recording yang di set, oia kalo di timer emang wajar dia nyala sendiri dan mati ketika waktu rekam sudah selesai. Gak tau ini ada makhluk goib atau emang ada error / bug di playernya.

Overal saya kasih nilai 6,5 / 10, mungkin kalo bisa support video itu saya bisa kasih 7.5 :p

Wasalam - Connecting Blogger -

6 comments:

Zamri said...

Hi!

Saya Zamri. Saya pun memiliki Uraku NV-812 DVR sejak 5 bulan lalu. Tujuan utama saya beli adalah untuk merekod siaran TV secara analog. Harganya murah kalau dibandingkan dgn branded produk. Cuma agak lambat sikit dan kadang2 macam hilang sabar. Kualtiti gambar bagus dan bergantung pada antenna. Tapi masalah utamanya adalah RF inteference yang agak teruk. Semasa on saja, siaran tv akan terganggu. Waktu recording noise tv akan bertambah. Saya terpaksa menjarakkan DVR dan TV utk kurangkan noise. Kamu pun mengalami masalah sama? Baaimana untuk atasi masalah ini?

Button DVR ni menggunakan konsep capasitive atau inductance, body dia sendiri mmg ada cas elektrik, sebab tu kdg2 cas ni dikesan oleh permukaan button...

richard said...

hi zamri, ia benar kalo waktu on, tv akan sedikit noise, kalo waktu recording ampir gak ada beda noisenya dengan waktu on. Lambat di response menu home yah? ia lagging untuk responsive-nya, tapi masih dapat ditolerilah

Untuk noise saya blm tau cara menghilangkannya, sepertinya kalo digunakan secara bersama dvr dan tv noise akan selalu ada. Mungkin nanti kalo saya tau caranya saya akan posting lagi di blog ini :)

Anonymous said...

Selain menangkap siaran TV, bisa juga untuk merekam siaran dari TV berbayar spt (indovision, aora, etc).
Kualitas gbr akan lebih bagus.

richard said...

anom: tentu bisa untuk tv berbayar..tapi tidak untuk tipe ini, ada tipe diatasnya. Karena hampir semua tv berbayar sudah digital, sedangkan uraku nv812 ini masih analog dan tidak ada yang bisa 2-2nya, menurut penjualnya. Tentu untuk tv digital kualitas gambar jauh lebih baik

Anonymous said...

saya ingin mencoba alat ini, kalau dijakarta dimana saya bisa beli

richard said...

@anom: sy sih beli waktu ada pameran kemaren di jhcc. coba cek http://uraku-entertainment.com/
duh malah jadi promosi, moga2 dapet komisi dari uraku. plzzzzzz